Bagaimana Mengatur Kepemilikan Saham Karyawan

Bagaimana Mengatur Kepemilikan Saham Karyawan

Menggunakan Rencana Kepemilikan Saham Karyawan (ESOP) untuk Kelangsungan Bisnis di Perusahaan yang Dimiliki Secara Dekat

Jasa Konsultan Pajak Jakarta – Salah satu masalah paling sulit bagi pemilik bisnis yang dipegang erat adalah menemukan cara untuk mengubah ekuitas mereka dalam bisnis menjadi uang tunai untuk masa pensiun atau tujuan lain. Namun, keputusan untuk menjual lebih dari sekadar keputusan ekonomi. Setelah menempatkan bertahun-tahun dalam bisnis, pemilik mengembangkan perasaan identitas yang kuat dengan perusahaan. Pada saat yang sama, pemilik sering memiliki rasa kesetiaan kepada karyawan dan ingin melihat mereka memiliki peran berkelanjutan dalam perusahaan.

Untuk beberapa pemilik bisnis, jawaban untuk masalah ini adalah menyerahkan perusahaan kepada ahli waris atau menjual kepada pesaing. Tetapi banyak pemilik tidak memiliki ahli waris yang tertarik pada bisnis ini, dan pembeli dari luar tidak mudah ditemukan. Bahkan jika mereka dapat ditemukan, mereka mungkin ingin membeli perusahaan hanya untuk daftar pelanggan, teknologi, atau fasilitas, atau mungkin hanya ingin membuat pesaing keluar dari bisnis.

Rencana Kepemilikan Saham Karyawan, atau ESOP, bisa menjadi alternatif yang sangat menarik dan disukai pajak. Untuk pemilik C-Corporation, hasil dari keuntungan dari penjualan ke ESOP dapat ditangguhkan pajak dengan menginvestasikan kembali dalam sekuritas perusahaan domestik lainnya. Jika sekuritas ini tidak dijual sebelum kematian pemilik, tidak ada pajak capital gain yang jatuh tempo. Jika perusahaan adalah S-Corporation, LLC, atau kemitraan, itu dapat dikonversi ke C-Corporation sebelum penjualan untuk mengambil keuntungan dari penangguhan pajak ini. Jika perusahaan tetap sebagai S-Corporation, pemilik membayar pajak capital gain atas penjualan, tetapi menuai semua manfaat lainnya dari penjualan ke ESOP. Yang paling penting dari ini adalah bahwa saham pemilik dibeli dalam dolar yang dapat dikurangkan dari pajak, baik dari kontribusi perusahaan atau pinjaman rencana. Penjualan bisa sekaligus atau bertahap, untuk sesedikit atau sebanyak stok yang diinginkan. Bagi karyawan, tidak ada kontribusi yang diperlukan untuk membeli saham pemilik. Pemilik dapat tetap dengan bisnis dalam kapasitas apa pun yang diinginkan. Program diatur oleh wali amanat yang memberikan suara saham, tetapi Dewan menunjuk wali amanat, sehingga perubahan dalam kontrol perusahaan biasanya nominal kecuali jika Rencana tersebut dibuat oleh perusahaan untuk memberi karyawan lebih banyak masukan pada level ini.

Peraturan ESOP

ESOP adalah sejenis program tunjangan karyawan, serupa dalam banyak hal dengan program pensiun yang memenuhi syarat dan diatur oleh undang-undang yang sama (Undang-Undang Keamanan Penghasilan Pegawai). ESOP didanai oleh pemberi kerja, bukan karyawan. Stok disimpan dalam kepercayaan untuk karyawan yang memenuhi persyaratan layanan minimum dan dialokasikan kepada karyawan berdasarkan upah relatif atau formula yang lebih tinggi, kemudian didistribusikan setelah karyawan berhenti. ESOP tidak dapat digunakan untuk berbagi kepemilikan hanya dengan karyawan tertentu, dan alokasi tidak dapat dibuat berdasarkan kebijaksanaan.

Membiayai ESOP

Cara paling sederhana untuk menggunakan ESOP untuk mentransfer kepemilikan adalah meminta perusahaan memberikan kontribusi uang tunai yang dapat dikurangkan dari pajak kepada kepercayaan ESOP, yang kemudian digunakan oleh kepercayaan untuk secara bertahap membeli saham pemilik. Atau, pemilik dapat meminta ESOP meminjam dana yang dibutuhkan untuk membeli saham. Dengan cara ini, jumlah stok yang lebih besar dapat dibeli sekaligus, hingga 100% dari ekuitas. Biasanya, bank akan meminjamkan ke perusahaan, yang kemudian meminjamkan kembali ke ESOP, tidak harus dengan persyaratan yang sama. Dalam beberapa kasus, seperti ketika total hutang akan melebihi nilai buku saat ini, bank mungkin juga menginginkan jaminan pribadi, atau mungkin bersedia untuk meminjamkan hanya sebagian dari total yang dicari. Dalam hal ini, ESOP akan membeli sebagian dari saham sekarang, dan sebagian setelah sebagian dari hutang telah dibayarkan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>